Pages

Minggu, 22 November 2015

perjuangan






kadang, saat kita sedang berjuang akan sesuatu yg ingin kita raih, perjuangan itu tidak terletak pada upaya kita untuk mendapatkannya. tapi justru pada perjuangan mengalahkan diri kita sendiri. mengalahkan ego, mengalahkan ekspektasi, dan mengalahkan kekhawatiran kita.


perjuangan itu tidak terletak pada sesuatu yg akan kita perjuangkan. menjadi berharga atau tidaknya adalah pada kemampuan kita dalam mengalahkan diri kita sendiri. ego yang sedemikian tinggi, ekspektasi yg berlebihan, dan kekhawatiran kita yg tidak beralasan.


kita berjuang untuk mengalahkan kekhawatiran pada masa lalu, masa depan, kemapanan, dan banyak hal lain yg membuat kita ragu ragu. kita berjuang untuk mengalahkan ego kita, bahwa seringnya kita meminta begitu banyak hal, membuat begitu banyak syarat, yang pada akhirnya kita berjuang untuk menegosiasikannya tanpa kita harus merasa menurunkan harga diri. dan kita juga berjuang untuk mengalahkan ekspektasi kita, bahwa kita harus membuka luas ruang penerimaan kita terhadap segala bentuk kekurangan dan kelebihan, segala bentuk kesalahan dan kebaikan.


karena perjuangan itu benar benar akan memakan waktu, jangan sampai perjuangan itu menjadi sia-sia. maka lakukanlah dengan cara-cara yg terbaik. karena mengalahkan dirimu sendiri adalah pekerjaan seumur hidup. ketika kamu bisa melakukannya, kamu akan menjadi orang yg kuat karena mampu mengendalikan dirimu sendiri.


hidup menjadi lebih sederhana tanpa ekpektasi. hidup menjadi lebih leluasa tanpa kekhawatiran. dan hidup menjadi lebih lapang dengan ego yg terkendali. selamat memperjuangkan.




0 thoughts: